DASAR JARINGAN KOMPUTER

Assalamuallaikum wr. wb


Selasa, 26 Desember 2017

A. PENDAHULUAN

      a. Pengertian
Jaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data.
      b. Latar belakang
 Zaman sekarang, kebutuhan manusia dalam akses data semakin meningkat, ini disebabkan adanya pola pergeseran hidup manusia ke arah yang lebih berkembang. Dengan adanya jaringan komputer, hal ini bisa teratasi. Bukan hanya jarak akan tetapi perbedaan waktupun dapat selalu diakses. Misalkan ketika kita menginginkan informasi yang telah lalu.
     c. Maksud dan Tujuan
Untuk menambah pengetahuan tentang jaringan komputer dan mengerti tentang jaringan komputer

B. ALAT DAN BAHAN
  •  Komputer / Laptop
  • Koneksi internet
C. JANGKA WAKTU PELAKSANA
  • 2 jam
D. PROSES DAN TAHAP YANG DIDAPATKAN
  •   Definisi Jaringan komputer
Jaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer
  •  Sejarah Jaringan Komputer
Sejarah jaringan komputer bermula  pada tahun 1940 merupakan tahun di mana munculnya konsep jaringan komputer di Amerika. Konsep itu digagas oleh proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Universitas Harvard yang dipimpin profesor Howard Aiken. Pada awalnya proyek itu hanya ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer untuk digunakan bersama. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan kaidah antrian

Selanjutnya pada tahun 1950 ketika berbagai jenis komputer mulai berkembang hingga hadirnya super komputer, maka sebuah komputer harus melayani beberapa tempat yang tersedia, untuk mendukung hal tersebut di atas, ditemukanlah konsep distrubusi proses berdasarkan waktu yang disebut dengan nama Time Sharing System atau disingkat TSS. Mulai saat itulah untuk pertama kalinya bentuk jaringan komputer diterapkan. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah komputer atau perangkat lain yang terhubung dalam suatu jaringan komputer. Dalam proses TSS telah mulai terlihat perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri. 
  • Jenis Jaringan Komputer
Secara garis besar, terdapat dua jenis teknologi transmisi yaitu jaringan broadcast dan jaringan point-to-point :
   1. Jaringan broadcast memiliki saluran komunikasi tunggal yang dipakai bersama-sama oleh semua mesin yang ada pada jaringan. Pesan-pesan berukuran kecil, disebut paket, yang dikirimkan oleh suatu mesin akan diterima oleh mesin-mesin lainnya. Field alamat pada sebuah paket berisi keterangan tentang kepada siapa paket tersebut ditujukan. Saat menerima paket, mesin akan mencek field alamat. Bila paket tersebut ditujukan untuk dirinya, maka mesin akan memproses paket itu, bila paket ditujukan untuk mesin lainnya, mesin tersebut akan mengabaikannya.
   2.  Jaringan point-to-point terdiri dari beberapa koneksi pasangan individu dari mesin-mesin. Untuk mengirim paket dari sumber ke suatu tujuan, sebuah paket pada jaringan jenis ini mungkin harus melalui satu atau lebih mesin-mesin perantara. Seringkali harus melalui banyak route yang mungkin berbeda jaraknya. Karena itu algoritma route memegang peranan penting pada jaringan point-to-point.

  •    Klasifikasi jaringan komputer 
1. Berdasarkan geografisnya:
   
  Local Area Network (LAN)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgFApJ_tabcuWHkfidPrVYspa-o7ikOXh37NK2Ipl9xOug2eDtj-lo2-pVqH2WYAQxbwgnIjFYlhx9reAPxalBhCbk_sBivbndSmj2MtqN77gOXAVylBCkshn-a9iPG7jQa7FWw7Ut1hmU/s1600/local-area-network.jpg
 LAN (Local Area Network)Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. 

  • LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut:
1.Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
2.Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
3.Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi

  • Alat untuk membangun sebuah jaringan LAN:
1.Router
Router adalah jantung pada sebuah jaringan. Router berfungsi
untuk menghubungkan jaringan satu dengan jaringan lain. Dalam
kasus ini, router menghubungkan jaringan internet dengan jaringan
LAN
2.Switch
Berbeda dengan router, switch berfungsi untuk menghubungkan
masing-masing komputer pada sebuah jaringan LAN
3.EthernetCard
Ethernet card adalah sebuah adapter untuk mencolokkan kabel
ethernet sehingga komputer bisa tersambung menuju jaringan.
4.EthernetCable
Yaitu kabel yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke
router atau bisa juga komputer satu dengan komputer lain. Ujung
pada kabel ini diberi sebuah konektor yang disebut RJ-45. RJ-45
memiliki 2 settingan, yaitu straight dan cross. Straight digunakan
untuk menghubungkan komputer ke router sedangkan cross
digunakan untuk menyambungkan komputer langsung dengan
komputer.
5.Modem
Jika anda ingin menghubungkan jaringan anda ke internet, maka anda juga harus membeli sebuah modem.
6.Peralatan lain
Crimping tool, LAN tester, gunting, multimeter.


Metropolitan Area Network (MAN)

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgibnopG4gubkbtfYJ0nEMXy3FN2dewEtuP6PhEE1kjh9ZDGuP0Cxv9nUgwqLAEFFWX-8rpqO50NE09POUUkFZ37j9tNd_hBq-kYcA12QooRBb_KRJLCAvSFfHLWdzlms_ozWqvu1M4vqQ/s1600/metropolitan-area-network.jpg
jaringan yang menghubungkan dua buah atau lebih jaringan area lokal atau jaringan area kampus bersama-sama tetapi tidak melampaui batas batas kota langsung / kota.
router, switch dan hub terhubung untuk menciptakan jaringan area metropolitan.

Keuntungan MAN:
 1.Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai pusat data dari kantor    cabang.
 2.Transaksi yang Real-Time (data di server pusat diupdate saat itu
 juga, contoh ATM Bank unluk wilayah nasional)
 3.Komunikasi antar kantor bisa menggunakan e-mail, chatting
 4.dan Video Conference (ViCon).
Kerugian MAN:
 1.Biaya operasional mahal.
 2.Instalasiinfrastrukturnya tidak mudah.
 3.Rumit jika terjadi trouble jaringan (network trouble shoot)


Wide Area Network(WAN)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiQv1w5fQUPZcmrdi161VvgwkDjqSmIVjLwIcXl12r4Sdgg-XIDmDhKf7y8i21jKMi-p_9-YP9LPgNGRltZsS_N81Rau079shQDxEHTbqqmCutuH3JohdoxttfRCG143m496-nNkKbxtMk/s1600/wide-area-network.jpg
    sebuah jaringan yang mencakup daerah geografis yang luas seperti kota, negara, atau bahkan rentang jarak antar benua, menggunakan saluran komunikasi yang menghubungkan berbagai jenis media seperti saluran telepon, kabel, dan gelombang udara.

  • Keuntungan Jaringan WAN.
1.Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai bank data dari kantor
cabang.
2.Komunikasi antar kantor dapat menggunakan E-Mail & Chat.
3.Dokumen/File yang biasanya dikirimkan melalui fax ataupun paket pos, dapat dikirim melalui E-mail dan Transfer file dari/ke kantor pusat dan kantor cabang dengan biaya yang relatif murah dan dalam jangka waktu yang sangat cepat.
4.Pooling Data dan Updating Data antar kantor dapat dilakukan setiap hari pada waktu ya
ng ditentukan.

2. Berdasarkan fungsi:
terbagi menjadi Jaringan Klien-server (Client-server) dan Jaringan Ujung ke ujung (Peer-to-peer). Jaringan klien-server pada ddasaranya ada satu komputer yang disiapkan menjadi peladen (server) dari komputer lainnya yang sebagai klien (client). Semua permintaan layanan sumberdaya dari komputer klien harus dilewatkan ke komputer peladen, komputer peladen ini yang akan mengatur pelayanannya. Apabila komunikasi permintaan layanan sangat sibuk bahkan bisa disiapkan lebih dari satu komputer menjadi peladen, sehingga ada pembagian tugas, misalnya file-server, print-server, database server dan sebagainya

3. Berdasarkan topologi jaringan,:
    1. topologi bus
    2. topologi bintang
    3. topologi cincin
    4. topologi mesh
    5. topologi pohon
    6. topologi linier

4. Berdasarkan distribusi sumber informasi/data 
    1. Jaringan terpusat 
 Jaringan ini terdiri dari komputer klien dan peladen yang mana komputer klien yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer peladen.
    2. Jaringan terdistribusi
Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer peladen yang saling berhubungan dengan klien membentuk sistem jaringan tertentu

5. Berdasarkan media transmisi data
    1. jaringan berkabel(wired network)
Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.
    2. jaringan nirkabel(wi-fi)
 Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.

D. HASIL YANG DIDAPAT

    mengerti tentang sejarah jaringan
    mengetahui jaringan LAN, MAN, WAN.
    dan tahu tentang klarifikasi jaringan komputer

E. KESIMPULAN
    Jaringan Komputer merupakan solusi untuk kebutuhan manusia dalam pengaksesan data, hal ini tercermin dengn meningkatnya penggunaan jaringan komputer baik dalam scope kecil maupun besar. Pengguna jasa ini pun tidak terfokus kalangan tertentu saja, akan tetapi telah menjalar hampir ke seluruh kalangan pengguna komputer.Jaringan komputer memberikan sisi baik dan sisi buruk. Salah satu sisi baiknya adalah adanya pengefisiensian penggunaan resource, dana dan percepatan waktu dalam pengaksesannya.
F. REFERENSI
https://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer
http://192.168.153.3/data/eBook%20TKJ/JARINGAN-DASAR-X-1.pdf



Post a Comment

0 Comments