PENGENALAN DASAR MIKROTIK

PENGENALAN DASAR MIKROTIK

  Selasa, 02 Januari 2018

 Assalamuallaikum Wr. Wb

 A. PENDAHULUAN
      a. Pengertian
MikroTik adalah perusahaan kecil berkantor pusat di Latvia, yang dibentuk oleh John Trully dan Arnis Riekstins.
Mikrotik adalah sistem operasi yang dirancang khusus untuk network router. Dengan sistem operasi ini, anda dapat membuat router dari komputer rumahan (PC).
      b. Latar belakang

Mikrotik sekarang menjadi salah satu alternatef dalam dunia IT. Mikrotik sendiri sekarang sudah banyak digunakan oleh ISP, provider hotspot, atau pemilik warnet. Mikrotik menjadi pilihan dalam jaringan internet karena mikrotik akan menjadikan computer router network yang handal dan dilengkapi dengan tools dan fitur-fitur yang cukup mnejanjikan dalam pelayanan, mikrotik juga sangat cocok untuk beda jaringan yaitu wireless maupun jaringan kabel dan yang menjadi daya pengikatnya adalah sifatnya yang open source sehingga semua orang didunia dapat menggunakannya dan mengubahnya guna hal positif.
       c. Maksud dan tujuan
Dapat mengetahui pengertian dan sejarah mikrotik. dapat mengetahui tentang mikrotik. Yang semula belum tahu tentang mikrotik.

B. ALAT DAN BAHAN
     - laptop/pc
     - akses internet

C.  JANGKA WAKTU KEGIATAN
     - Jam 13.00 - 16.00
D. PROSES DAN TAHAPAN


Sejarah Mikrotik
Mikrotik adalah perusahaan kecil berkantor pusat di Latvia, bersebelahan dengan Rusia. Pembentuknya diprakarsai oleh John Trully dan Arnis Riekstins. John Trully adalah seorang Amerika yang berimigrasi ke Latvia. Di Latvia ia berjumpa dengan Arnis seorang sarjana Fisika dan Mekanik sekitar tahun 1995.

Tahun 1996 John Trully dan Arnis mulai me-routing dunia (visi Mikrotik adalah me-routing seluruh dunia). Mulai dengan sistem Linux dan MS DOS yang dikombinasikan dengan teknologi Wireless LAN (W-LAN) Aeronet berkecepatan 2Mbps si Molcova, tenaga Latvia, baru kemudian melayani lima pelangganya di Latvia.

Linux yang mereka gunakan pertama kali adalah Kernel 2.2 yang dikembangkan secara bersama-sama dengan bantuan 5 - 15 orang staf R&D Mikrotik yang sekarang menguasai dunia routing di negara-negara berkembang. Selain staf di lingkungan Mikrotik, menurut Arnis, mereka merekrut juga tenaga-tenaga lepas dan pihak ketiga yang dengan intensif mengembangkan Mikrotik secara maraton.

Kelebihan :
Mikrotik memiliki sebuah Operating System bila tidak salah disebut dengan RouterOs .Mikrotik yang dibangun dengan Core LINUX, yang menyebabkan produk Router ini lebih murah dibanding dengan router lainnya seperti CiscoDari segi pengoprasiannya Mikrotik tergolong friendly dengan software winbox yang merupakan tempat setting administratornya.RouterOS Mikrotik juga dapat mendeteksi berbagai macam ethernet card (LAN CARD) dari berbagai vendor yang telah ada.

 Jenis - jenis Mikrotik :


MikroTik RouterOS
RouterOS merupakan produk dari Mikrotik yang berupa software. RouterOS berfungsi sebagai sistem operasi yang di-install pada PC/komputer. Sistem operasi ini akan mengubah komputer tersebut menjadi sebuah router dengan segala fitur yang sudah ada di dalamnya. RouterOS ini dibangun berdasarkan Linux Kernel 2.6.
 RouterOS saat ini sudah mampu men-support banyak driver dan perangkat seperti ethernet, ISDN, USB 3G Modem, V35, Wireless card, memory card hingga LCD. Sebagai sebuah sistem operasi, RouterOS sudah memiliki fungsi yang melebihi sebuah router biasa. Fitur-fitur yang dapat diakomodasi antara lain: Firewall & Nat, Routing, Hotspot, Point to Point Tunneling Protocol, DNS server, DHCP server, Hotspot, dan masih banyak lagi fitur lainnya

 Level Lisensi MikroTik RouterOS:



  1. Level 0 Free, gratis
  1. Level 1 Demo, perlu registrasi
  1. Level 3 WISP CPE, hanya lisensi volume
  1. Level 4 WISP, $45
  1. Level 5 WISP, $95
  1. Level 5 Contoller, $250
 Fitur - fitur pada Mikrotik :
  •  Penanganan Protokol TCP/IP: 
 - Firewall dan NAT
 - Routing - Static routing
 - Data Rate Management
 - Hotspot
 - Point-to-Point tunneling protocols
 - Simple tunnels
 - IPsec
 - Web proxy
 - Caching DNS client
 - DHCP
 - Universal Client
 - VRRP
 - UPnP
 - NTP
 - Monitoring/Accounting
 - SNMP
 - M3P
 - MNDP
 - Tools
 - Aneka Ragam
  • Layer 2 konektivitas :
 - Wireless
 - Bridge
 - Virtual LAN
 - Synchronous
 - Asynchronous
 - ISD
 MikroTik RouterBoard
Mikrotik RouterBoard ini adalah produk hardware dari Mikrotik. RouterBoard ini dibuat untuk menggantikan PC/komputer. Dengan ukuran yang lebih kecil dan sederhana, RouterBoard tentu lebih efektif digunakan terutama di tempat-tempat yang sulit dijangkau seperti di puncak tower. 
Terdapat banyak versi RouterBoard yang beredar di pasaran, contohnya :
    RouterBoard 432
    4 : Kelas/seri RouterBoard
    3 : Memiliki 3 port ethernet
    2 : Memiliki 2 slot miniPC/Wireless

Biasanya, terdapat kode lain di belakang versi seperti RouterBoard 432 U yang berarti RouterBoard tersebut juga dilengkapi dengan USB port.
Kode lain yang secara umum terdapat di belakang versi:
  U : USB port
  A : Advanced (level lisensi di atas 4)
  R : Terdapat wireless card embedded
  H : High performance dengan processor yang lebih tinggi
  G : Memiliki Gigabit Ethernet


Mikrotik RouterBoard memiliki beberapa jenis arsitektur yang berbeda berdasarkan hardware dan versi. Setiap versi harus di-install dengan software RouterOS yang tepat. Berikut adalah arsitektur yang dimiliki Mikrotik:

MIPSBE untuk arsitektur CRS series, RB4xx series, RB7xx series, RB9xx series, RB2011 series, SXT, OmniTik, Groove, METAL, SEXTANT
x86 untuk arsitektur PC / X86, RB230 series
PPC untuk arsitektur RB3xx series, RB600 series, RB800 series, RB1xxx series
MIPSLE untuk arsitektur RB1xx series, RB5xx series, RB Crossroads
TILE untuk arsitektur CCR series


Mikrotik juga memberikan sertifikasi bagi siapa saja yang telah lulus ujian MikroTik. Terdapat beberapa program training dan sertifikasi yang disediakan oleh MikroTik antara lain:

MTCNA - MikroTik Certified Network Associate
MTCRE - MikroTik Certified Routing Engineer
MTCWE - MikroTik Certified Wireless Engineer
MTCTCE - MikroTik Certified Traffic Control Engineer
MTCUME - MikroTik Certified User Management Engineer
MTCINE - MikroTik Certified Inter-networking Engineer


E. KESIMPULAN
Mikrotik adalah sistem operasi yang dirancang khusus untuk network router. Dengan sistem operasi ini, anda dapat membuat router dari komputer rumahan (PC).
MikroTik merupakan solusi terbaik dalam beberapa kondisi penggunaan komputer dan perangkat lunak.
Mikrotik bisa disebut juga adalah salah satu distro linux yang berguna untuk jaringan komputer karena mikrotik sangat tangguh dalam masalah jaringan.

F. REFERENSI 
  1. https://id.wikipedia.org/wiki/MikroTik
  2. http://indryanisrj.blogspot.co.id/2015/01/pengenalan-dasar-mikrotik-dan-fitur.html
 
Wassalamuallaikum Wr. Wb.

Post a Comment

0 Comments