KABEL UTP

KABEL UTP
Kamis, 04 Januari 2018

A. PENDAHULUAN

    1. Pengertian
Crimping adalah Proses untuk merangkai Kabel dan Jack, biasanya yang dipakai jack RJ 45 untuk keperluan jaringan Local,seperti diwarnet,kantor,sekolah dsb.
   2. Latar belakang
dalam kegiatan ini saya akan membahas cara membuat kabel stright menggunakan kabel UTP. dan agar dapat digunakan sebagai alat penghubung bertukar data.
   3. maksud dan tujuan
dapat mengetahui cara membuat kabel stright. Dapat digunakan sebagai kabel untuk jaringan Local Area Networ (LAN) pada sistem network/jaringan komputer, dan umumnya kabel UTPmemiliki impedansi kurang lebih 100 ohm, dan juga dibagi menjadi kedalam beberapa kategori berdasarkan kemampuannya sebagai penghantar data.

B. ALAT DAN BAHAN

    - Konektor rj 45
    - Kabel UTP
    - Laptop
    - Tang crimping


C. JANGKA WAKTU PELAKSANA KEGIATAN

    -  jam 08.00 - 16.00


D. PROSES TAHAPAN PEKERJAAN

Sebelum kita membuat kabel UTP sebaiknya kita membahas apa itu kabel UTP,

Pengertian kabel UTP
   Kabel UTP singkatan dari “Unshielded Twisted Pair” yaitu jenis kabel ini terbuat dari bahan penghantar tembaga, mempunyai isolasi dari plastik & terbungkus oleh bahan isolasi yang dapat melindungi dari api dan juga kerusakan fisik, kabel UTP sendiri terdiri dari 4 pasang inti kabel yang saling berbelit dimana masing-masing pasang mempunyai kode warna berbeda



Dari 8 warna kabel UTP, masing-masing memiliki perannya sendiri, adapun fungsinya, yaitu:
  • Jingga: Kabel warna jingga memiliki fungsi sebagai penghantar paket data.
  • Putih-Jingga: Kabel warna putih-jingga memiliki fungsi sebagai penghantar paket data.
  • Hijau: Kabel warna hijau memiliki fungsi sebagai penghantar paket data.
  • Putih-Hijau: Kabel warna putih-hijau memiliki fungsi sebagai penghantar paket data.
  • Biru: Kabel warna biru memiliki fungsi sebagai penghantar paket suara.
  • Putih-Biru: Kabel warna putih-biru memiliki fungsi sebagai penghantar paket suara
  • Coklat: Kabel warna coklat memiliki fungsi sebagai penghantar tegangan DC.
  • Putih-Coklat: Kabel warna putih-coklat memiliki fungsi sebagai penghantar tegangan DC
Fungsi kabel UTP yaitu dapat digunakan sebagai kabel untuk jaringan Local Area Network (LAN) pada sistem network atau jaringan komputer, dan umumnya kabel UTP memiliki impedansi kurang lebih 100 ohm, dan juga dibagi menjadi kedalam beberapa kategori berdasarkan kemampuannya sebagai penghantar data.

Jenis - jenis kabel UTP :

 1. Kabel straight-throught
    Tipe kabel straight through biasanya digunakan untuk menghubungkan dua perangkat yang berbeda, misalnya antara router dengan switch/hub, komputer ke switch dan komputer ke hub. Adapun urutan kabel straight through sebagai berikut: 

2. Kabel cross-over
  Untuk kabel tipe crossover memiliki aturan penyusunan yang berbeda antara tiap ujung konektor. Tipe cross over biasanya digunakan untuk menghubungkan dua perangkat yang sama.
Misalnya antara komputer dengan komputer, router dengan router, switch dengan switch, hub dengan hub. Adapun urutan kabel cross over sebagai berikut:
 3. Kabel roll-over
   Kabel tipe roll over digunakan untuk menghubungkan dua perangkat jaringan yang berbeda, hampir sama dengan tipe straight through namun tipe kabel ini lebih kepada menghubungkan perangkat yang memiliki konsol, misalnya switch dengan printer, switch dengan proyektor. Adapun urutan kabel roll over sebagai berikut:


ALAT DAN BAHAN DIGUNAKAN UNTUK MEMBUAT KABEL UTP STRAIGHT

1. tang crimping
Tang Crimping adalah alat untuk memotong kabel UTP dan untuk menjepit ujung konektor Rj-45, dan biasanya untuk mengupas kabel luar UTP, serta alat ini sangat penting sekali bagi kita yang ingin belajar cara mengcrimping kabel. Alat ini bentuknya hampir sama dengan Tank biasa yang sering kita lihat atau temui, seperti gambar di atas.

2. Kabel UTP

Kabel UTP digunakan sebagai media penghubung jaringan dan sekaligus media transmisi data dan di dalam kabel UTP ini terdapat 8 helai kabel kecil yang berwarna-warni sesuai dengan standar yang telah ditentukan.

3. Konektor RJ-45


Konektor Rj 45 adalah alat yang kita pasang pada ujung kabel UTP, berfungsi agar kabel dapat kita pasang pada port LAN pada Pc. Konektor RJ-45 harus dipasangkan pada ujung kabel UTP baik Straight maupun Cross.

4. Lan tester
 Lan Tester adalah alat untuk menguji hasil crimpingan kabel, jika krimpingan kita salah maka lampu di Lan Tester ini tidak akan menyala dan kalau hasil crimpingan kita sudah benar maka lampu di Lan Tester akan menyala dengan otomatis sesuai dengan urutan kabel Cross maupun Straight, jadi alat ini sangat berguna bagi kita untuk mengetahui hasil crimpingan atau kabel yang dibuat.



 E. KESIMPULAN
     Bahwa membuat kabel UTP dengan sangat mudah asalkan dengan teliti.

F. REFERENSI
 

http://destukurniadi97.blogspot.co.id/2017/09/makalah-cara-membuat-kabe-straight.html
http://www.nesabamedia.com/pengertian-dan-fungsi-kabel-utp/

Sekian dan terimakasih semoga bermanfaat bagi kita semua.
Wassalamuallaikum Wr. Wb

Post a Comment

0 Comments