KONSEP DASAR TCP/IP

KONSEP DASAR TCP/IP

Jum'at, 19 Januari 2018

A. PENDAHULUAN
   kali ini saya ingin menjelaskan tentang konsep dasar TCP/IP

    b. Pengertian
TCP/IP adalah sekumpulan protokol yang didesain untuk melakukan fungsi-fungsi komunikasi data pada jaringan komputer.

    c. Latar belakang
agar tau dan paham konsep dasar TCP/IP

    d. Maksud dan tujuna
agar proses pengiriman paket datat sampai dengan benar ke komputer yang dituju.


B. ALAT DAN BAHAN
    - laptop
    - koneksi internet


C. JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
     - 1 Jam


D. PEMBAHASAN

TCP/IP (Transmission Control Protocol)
adalah sekumpulan protokol yang didesain untuk melakukan fungsi-fungsi komunikasi data pada jaringan komputer. TCP/IP terdiri atas sekumpulan protokol yang masing masing bertanggung jawab atas bagian tertentu dari komunikasi data. kesimpulam TCP/IP inilah yang mempungkinkan kumpulan komputer untuk berkomunikasi dan bertukar data dalam satu jaringan.

Konsep TCP/IP

dalam konsep komukasi dat suatu jaringan komputer ada mekanisme pengiriman data dari komputer sumber ke komputer tujuan dimana proses pengiriman paket dat tersebut sampai dengan benar kekomputer yang dituju. tentunya dalam proses pengiriman yang terjadi tidak semudah yang dipikirkan. alasan pertama, komputer tujuan berada jauh dari komputer sumber sehingga paket dat yang dikirimkan bisa saja hilang atau rusak ditengah jalan . alasan yang lain, mungkin komputer tujuan sedang menunggu/mengirimkan paket data dari/ke komputer yang lain.

Lapisan Network
lapisan ini bertanggung jawab mengirim dan menerima data ke dan dari media fisik. media fisiknya berupa kabel, serat optik, atau gelombang radio. karena tugasnya ini protokol pada layer ini harus mampu menterjemahkan sinyal listrik menjadi data digital yang dimengerti oleh komputer, yang berasal dari peralatan lain yang sejenis.
Lapisan internet bertanggung jawab dalam proses pengiriman paket ke alamat yang tepat. pada layer ini terdapat tiga macam protokol, yaitu: IP, ARP, ICMP.
IP berfungsi untuk menyampaikan paket data ke alamat yang tepat..
ARP(Address Resulotion Protocol) protokol yang digunakan  untuk menemukan alamat hardware dari host/komputer yang terletak pada network yang sama.
ICMP(Internet Control Massage Protocol) protokol yang digunakan  untuk mengirimkan pesan dan melaporkan kegagalan pengiriman data.

Lapisan Transport

Layar ini berisi protokol yang bertanggung jawab untuk mengadaakan komunikasi antara dua host/komputer. pada lapisan transport menggunkan acknowledgement posotif dan acknowledgement negatif. kalau acknowledgement positif akan memberitahukan pesan apabila data yang di transferkan telah sampai sedangkan acknowledgement negatif jika paket yang di transfertidak sampai tujuan maka akan terjadi pengiriman ulang. kedua protokol tersebut ialah TCP( Transmission Control Protocol) dan UDP( User Datagram Protocol)

Lapisan Aplikasi
layer teratas adalah aplication layer. pada layer inilah terletak semua aplikasi yang menggunakan protokol TCP/IP misanya HTTP, FTP, TELNET, SMPT dan sebagainya.



Prinsip Kerja IP
fungsi dari internet protokol  secara sederhana dapat diterangkan seperti cara kerja kantor pos pada proses pengiriman surat, surat kita dimasukan ke kotak pos  akan diambil oleh petugas pos  dan kemudian  akan dikirim melalui route yang rondom tanpa si pengirim maupun si penerima surat  mengetahui jalur perjalanan surat tersebut.
Prinsip internet protokol dikenal dengan sebutan datagram . IP berfungsi menyampaikan datagram dari suatu komputer ke komputer lain tanpa tergantung pada mendi komunikasi yang digunakan.

Prinsip Kerja TCP
  
TCP mempunyai prinsip kerja seperti “virtual circuit” pada jaringan telepon. TCP lebih mementingkan tata-cara dan keandalan dalam pengiriman data antara dua komputer dalam jaringan. TCP tidak peduli dengan apa-apa yang dikerjakan oleh IP, yang penting adalah hubungan komunikasi antara dua komputer berjalan dengan baik. Dalam hal ini, TCP mengatur bagaimana cara membuka hubungan komunikasi, jenis aplikasi apa yang akan dilakukan dalam komunikasi tersebut (misalnya mengirim e-mail, transfer file, dsb.) Di samping itu, juga mendeteksi dan mengoreksi jika ada kesalahan data. TCP mengatur seluruh proses koneksi antara satu komputer dengan komputer yang lain dalam sebuah jaringan komputer.

Prinsip kerja dari TCP berdasarkan prinsip client-server. Dimana server adalah program pada komputer yang secara pasif akan mendengarkan (listen) port number yang telah ditentukan pada TCP. Sedang client adalah program yang secara aktif akan membuka hubungan TCP ke komputer server untuk meminta servis yang dibutuhkan.


E. KESIMPULAN
kesimpulam TCP/IP inilah yang mempungkinkan kumpulan komputer untuk berkomunikasi dan bertukar data dalam satu jaringan.

F. REFERENSI
http://putrapoety.blogspot.co.id/2012/01/prinsip-kerja-ip-dan-tcp.html

Post a Comment

0 Comments