Tantangan Seorang IT di Dunia Berkembang

Tantangan Seorang IT di Dunia Berkembang

Rabu, 10 Januari 2018



Assalamuallaikum Wr. Wb
A. PENDAHULUAN
    1. Pengertian
Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. 
Dunia Berkembang/Negara berkembang adalah istilah yang umum digunakan untuk menjelaskan suatu negara dengan kesejahteraan material tingkat rendah. Karena tidak ada definisi tetap negara berkembang yang diakui secara internasional, tingkat pembangunan bisa saja bervariasi di dalam negara berkembang tersebut. Sejumlah negara berkembang memiliki standar hidup rata-rata yang tinggi.

    2. Latar Belakang
Agar semua mayoritas seorang TKJ bisa tahu dan mengerti tantangan seoarang IT apa saja yang akan dihadapi di Dunia berkembang saat ini tidak hanya TKJ, RPL maupun MM juga akan menghadapi tantangan didunia berkembang ini.

   3. Maksud dan Tujuan
Untuk menambah wawasan seorang IT dan bagaimana cara mengatasi tantangan di dunia berkembang pada saat ini.

B. ALAT DAN BAHAN
   1. laptop
   2. koneksi internet
   3. referensi

C. JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
   > 2 jam

D. PEMBAHASAN





Dari bagan diatas Tantangan IT di dunia berkembang itu ada lima tahap yaitu, INFRASTRUKTUR, SUMBER DAYA MANUSIA, MANAJEMEN & TATA KELOLA, SUMBER DANA, dan TUNTUNAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

1. INFRASTRUKTUR
Dalam kegunaan dalam aplikasi lain, infrastruktur dapat merujuk pada teknologi informasi, saluran komunikasi formal dan informal serta alat-alat pengembangan perangkat lunak, jaringan sosial politik atau kepercayaan pada kelompok-kelompok masyarakat tertentu.
Infrastruktur sama saja dengan prasarana, yaitu segala sesuatu yg merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses.

Dalam infrastruktu ini dibagi menjadi dua, yakni :
   1. Keterbatasan mengakses jaringan, nah dengan keterbatasan jaringan kita dapat mengatasi dengan merancang bangun infrastruktur jaringan, menganalisa dan menyediakan infrastruktur sesui dengan kebutuhan
   2. Keterbatasan service adapun servie yang dijalankan yakni :
        > WEB SERVER
        > DATA BASE SERVER
        > FILE SHARING SERVER
        > MAIL SERVER
        > DNS SERVER

2. SUMBER DAYA MANUSIA
salah satu faktor yang sangat penting bahkan tidak dapat dilepaskan dari sebuah organisasi, baik institusi maupun perusahaan. SDM juga merupakan kunci yang menentukan perkembangan perusahaan. Pada hakikatnya, SDM berupa manusia yang dipekerjakan di sebuah organisasi sebagai penggerak, pemikir dan mask perencana untuk mencapai tujuan organisasi itu.

Berikut penerapan komponen atau aspek dalam Manajemen Sumber Daya Manusia yang bisa diterpkan menggunakan Teknologi Informasi, yakni :
     1.  >Mutu SDM yang rendah yaitu rendah nya mutu pendidikan baik pendidikan formal, pendidikan informal, sertifikasi, pengalaman kerja.
          >Atitut yang rendah maksudnya sikap, tingkah laku atau perilaku seseorang dalam berinteraksi dengan sesama sangat rendah, kurang bersikap sopan santun.
      2. SDM salah posisi maksud nya adalah salah jurusan ketika masuk di SMK.

3. Manajemen dan Tata kelola maksudnya menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain dan manajer dapat mengelola dengan baik.

Nah di manajeman dan tata kelola terdapat berbagai macam dasar dasar aturan hukum yakni :
      1. memenuhi dan mentaati dasar dasar aturan hukum yang berlaku.
      2. kebikjakan, yakni kita juga harus mentaati kebijakan yang diberi pemerintah.
      3. aturan tata kelola standart baku dan SOP maksudnya pekerjaan kita harus berpedoman dengan SOP dan K3LH sebagai standart keselamatan kerja kita di dunia IT.

4. Sumber dana, berapa dana yang kita keluarkan apabila kita menangani suatu proyek yang kita jalankan, terutama di dunia berkembang semua bahan pangan semakin menaik hal ini menjadi tantangan dari seorang IT.

5. Tuntutan perkembangan teknologi ada tiga tuntutan yakni : 
       1. kemajuan teknologi yang sangat pesat
       2. kebijakan pemerintah
       3. tuntutan internasional.


E. KESIMPULAN 
    Bahwa seorang IT itu harus selalu upgrade dan update, baik segi software, hardware maupun brainwarenya.


Mungkin itu dari saya, kurang dan lebihnya saya mohon maaf. sekian dan terima kasih.

Wassalamuallaikum Wr. Wb

Post a Comment

0 Comments