Training Cisco Instructor Material Chapter 1 dan 2

Assalamuallaikum wr. wb.
Jum'at, 26 Januari 2018



A. PENDAHULUAN

    a. Pengertian
Cisco adalah sebuah perusahaan yang memiliki dua bidang usaha. usaha yang pertama adalah pembuatan hardware dan software yang terhubung dengan jaringan komputer. kemudian yang kedua adalah dibidang pendidikan yaitu dengan Cisco Networking Academy(CNA)

Cisco system adalah perusahaan pertama yang mengeluarkan sebuah router yang mendukung banyak protokol jaringan secara komersial. Protokol jaringan tersebut kemudian dikembangkan menjadi beberapa protokol baru yang kemudian hari dikenal dengan cisco proprietary network protokol.

   b. Latar belakang
Memahami dan ikut pelatihan cisco tadi biar bisa ikut CCNA dan tahu apa itu Cisco.

   c. Maksdu dan tujuan
supaya bisa ikut ujian CCNA cisco.


B. ALAT DAN BAHAN
  • Laptop
  • proyektor
  • internet
C. JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
  • jam 08.00 sampai 17.30
D. PEMBAHASAN

CAPTER 1 

1. Berkomunikasi Di Dunia Yang Terhubung
  • Apa itu jaringan ?? 
Jaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service).

Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana.
  • Siapa pemilik internet itu ??
Tidak ada seorang pun dan internet adalah sebuah kesatuan.

Internet adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar  (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet
  • Jaringan Lokal ??
Jaringan wilayah loka / LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor dalam rumah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.3 (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.


2. Mengirimkan Data Pada Jaringan
  • Data ??
  • Nilai yang mewakili sesuatu.


Data dibagi menjadi tiga, yaitu :
  1. Voluntered data : Informasi geografis sukarela ( VGI ) adalah pemanfaatan alat untuk membuat, mengumpulkan, dan menyebarkan data geografis yang disediakan secara ukarela oleh individu.
  2. Infered data :  adalah kelompok kepentingan berbasis industri yang didirikan pada tahun 1993 oleh sekitar 50 perusahaan. IrDA menyediakan spesifikasi untuk satu set lengkap protokol untuk komunikasi inframerah nirkabel, dan nama "IrDA" juga mengacu pada seperangkat protokol tersebut. 
  3. Obered data : 
  • Bit adalah ??
Bit merujuk pada sebuah digit dalam sistem angka biner (basis 2). Sebagai contoh, angka 1001011 memiliki panjang 7 bit. Digit biner hampir selalu digunakan sebagai satuan terkecil dalam penyimpanan dan komunikasi informasi di dalam teori komputasi dan iinformasi digital.

Fungsi bit : Bit juga digunakan sebagai satuan ukuran, yaitu kapasitas informasi dari sebuah digit biner.
Setiap delapan bit dikenal dengan Byte.
  • Transmisi Bit.
  1. transmisi paralel : sejumlah bit dikirimkan per waktu masing masing bit mempunyai jalurnya sendiri.
contoh nya : transmisi ke printer atau komunikasi data dua komputer.
  2. Transmisi Serial : pada setiap waktu 1 bit data yang dikirim dengan kata lain bit bit data tersebut dikirimkan secara satu per satu.

Tentang Kecepatan
  • Bandwidth ??
adalah luas atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi. Dalam kerangka ini, Bandwidth dapat diartikan sebagai perbedaan antara komponen sinyal frekuensii tinggi dan sinyal frekuensi rendah. frekuensi sinyal diukur dalam satuan herzt.

atau jumlah data besar yang mengalir dengan yang lain.
  • Troughput ??
File asli atau data asli.
adalah bandwidth aktual yang terukur pada suatu ukuran waktu tertentu dalam suatu hari menggunakan rute internet yang spesifik ketika mendownload suatu file.

2. Jaringan Lokal

Komponen jaringan
  • Intermediary : perangkat yang berfungfi menghubungkan antar komputer agar membentuk sebuah jaringan internetwork, jenis ini juga menyediakan koneksi dan mengalirkan arus komunikasi pada tujuannya. contonya : switch, router, wireless router.

  • End device : perangkat paling ujung pada jaringan. contohnya : PC, laptop, smartphone.
  • Network Medium : jalan pada jaringan komputer dapat berupa kabel atau gelombang elektromagnetik. contohya : kabel tembaga(listrik), serat optik, wireless.

3. Membangun Jaringan sederhana
  • peer to peer ??
merupakan salah satu model jaringan komputer yang terdiri dari dua atau beberapa komputer, dimana setiap station atau komputer yang terdapat di dalam lingkungan jaringan tersebut bisa saling berbagi.
  • Clien dan Server ??
 adalah suatu bentuk arsitektur, dimanaclient adalah perangkat yang menerima yang akan menampilkan dan menjalankan aplikasi (software komputer) dan server adalah perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelola aplikasi, data, dan keamanannya.

Apa itu bekerja ?? jumlah energi yang ditransfer oleh sebuah sistem ke sistem lainnya
  • Perintah PING.
perintah PING juga digunakan sebagai bahan untuk menganalisa kemungkinan-kemungkinan penyebab Anda tidak bisa mengakses suatu website. Dengan PING anda akan mengetahui hubungan antara kedua jaringan Komputer.
  • Perintah Tracerant.
adalah perintah untuk menunjukkan rute yang dilewati paket untuk mencapai tujuan. Ini dilakukan dengan mengirim pesan Internet Control Message Protocol (ICMP) Echo Request Ke tujuan dengan nilai Time to Live yang semakin meningkat.


CAPTER 2

1. Harus Online.

Online adalah menunjukan keadaan konektivitas atau terhubung.
Offline adalah menunjukan keadaan terputus.

Jaringan ada dimana-mana
  • Ponsel menggunakan gelombang radio
Handphone menggunakan gelombang elektromagnetik mikro yaitu radar, untuk menghubungkan handphone yang satu dengan yang lainnya.
  • Teknologi 2G, 3G, 4G
Teknologi Jaringan 1G 2G 3G 4G. 1G 2G 3G 4G adalah singkatan untuk kemajuan perkembangan generasi dari jaringan atau network. G adalah singkatan atau kepanjangan dari Generation alias Generasi, sedangkan angka di depannya merupakan tingkatannya.
  • Jaringan lain digunakan ponsel : GPS, Wifi, NFC, Bluetooth
Komponen jaringan ada empat yaitu :
          1. HOST/Client : PC, Komputer
          2. Periperal : printer
          3. Network device : router. switch
          4. Network media : kabel / penghantar

  • Static IP : pemberian IP address kepada komputer yang terhubung ke jaringan secara manual.
  • Dynamic IP : Pemberian IP address secara otomatis dalam jaringan public maupun privat.

4. Kabel Dan Media

  • Jenis media jaringan
           1. copper wires within cable
           2. glass or plastic fibers (fiber optic-cable)
           3. wireless transmission
  • Jenis kabel
           1. twisted-pair (ethernet) adalah jenis kabel dimana dua konduktor dari rangkaian tunggal dipelintir bersama untuk tujuan membatalkan gangguan elektromagnetik dari sumber luar.
            - UTP (Unshielded twisted pair) adalah sebuah jenis kabel jaringan yang menggunakan bahan dasar mentega tembaga, yang tidak dilengkapi dengan shield internal, merupakan kabel yang umum digunakan dalam jaringan lokal (LAN)
            - STP (Shield twisted pair) adalah kabel pasangan berpilin yang memiliki perliindungan dari logam untuk melindungi kabel dari intereferensi elektromagnetik luar.
         
            2. Coaxcial (Tv, satelit) adalah sarana penyalur atau pengalirhantar yang bertugas menyalurkan setiap informasi yang telah diubah menjadi sinyal-sinyal listrik.

            3. Fiber optic (kabel EMI dan RFI) adalah saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisi sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain

  • Kabel Copper interferensi
Kabel tembaga rentan terhadap interferensi
    1. EMI (interferensi elektromagnetik) adalah gangguan yang dihasilkan oleh sumber external yang mempengaruhi rangkain listrik oleh induksi elektromagnetik, kopling elektrostik atau konduksi.
contohnya : neon.
    2. Crosstalk atau cakap silang merupakan suatu fenomena dalam bidang elektronika dan telekomunikasi dimana sinyal yang dikrimkan pada satu sirkuit atau dalam sistem saluran transmisi menimbulkan efek yang tidak diinginkan pada sistem tersebut.

  • Warna kabel UTP/STP

           1. Skema pengkabelan T568A dan T568B

  • Pengeriman data UTP/STP




E. KESIMPULAN

mempelajari dasar dasar dari cisco ini sangat penting karena kita lebih tau dan lebih mengerti tentang perangkat perangkat cisco dan dasar cisco



Wassalamuallaikum wr. wb

Post a Comment

0 Comments